Sabtu, 03 Maret 2012

"Bukan Demi Marah Menjadi Manusia"

Ada seorang biarawan yang sangat menyukai bunga anggrek. Biasanya selain memberi ceramah, waktu yang tersisa dipergunakannya untuk mengurus tanaman anggrek yang ditanam di taman biara.

Pada suatu hari ketika hendak pergi berkelana, dia berpesan kepada muridnya, harus hati-hati merawat tanaman anggreknya. Selama kepergiannya, muridnya dengan teliti memelihara tanaman anggrek tersebut.

Namun pada suatu hari ketika sedang menyiram tanaman anggrek tersebut, tanpa sengaja menyenggol rak-rak tanaman tersebut sehingga semua tanaman anggrek berjatuhan dan pot anggrek tersebut pecah berantakan dan tanaman anggrek berserakan.

Muridnya sangat ketakutan, bermaksud menunggu gurunya pulang dan meminta maaf sambil menunggu hukuman yang akan diterima.

Ketika biarawan pulang dan mendengar kabar itu, dia memanggil para muridnya. Dia tidak marah kepada muridnya, bahkan berkata,“Saya menanam tanaman anggrek, alasan pertama adalah untuk dipersembahkan di altar dan yang kedua adala untuk memperindah lingkungan di biara ini. Bukan demi untuk marah saya menanam pohon anggrek ini.”

Perkataan biarawan sungguh benar, “Bukan demi untuk marah menanam anggrek.” Dia bisa demikian toleran, karena walaupun menyukai tanaman anggrek tetapi di hatinya tidak ada rasa keterikatan akan anggrek. Oleh sebab itu ketika dia kehilangan anggrek tersebut tidak menimbulkan kemarahan di dalam hatinya.

Kita di dalam kehidupan kita sehari-hari, hal yang kita khawatirkan terlalu banyak. Kita terlalu peduli kepada memperoleh dan kehilangan sehingga menyebabkan keadaan emosi kita tidak stabil. Kita merasa tidak bahagia.

Seandainya kita sedang marah, kita bisa berpikir sejenak :
~“Bukan demi marah saya bekerja.”
~“Bukan demi marah saya mengajar.”
~“Bukan demi marah menjadi sahabat.”
~“Bukan demi marah menjadi suami istri.”
~“Bukan demi marah melahirkan dan mendidik anak.”

Maka kita bisa mencairkan rasa marah dan kesusahan yang ada di dalam hati kita dan berubah menjadi damai.

Oleh sebab itu setelah membaca artikel ini, ketika engkau hendak bertengkar dengan sahabat, dengan orang rumah/ keluarga, engkau harus ingat perjumpaan kalian bukan demi untuk rasa marah.