Kamis, 08 September 2011

UI Terbaik Di Indonesia

Universitas Indonesia mendapat predikat sebagai satu-satunya perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking, dan masuk dalam Top 300 Universities in the World.

Peringkat UI naik sebanyak 19 tingkat menjadi ke-217 di dunia, dibandingkan dengan tahun lalu di peringkat 236. "Peringkat itu berdasarkan penilaian yang dikeluarkan(QS) World University Ranking 2011/2012 pada 5 September," kata Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi UI, hari ini dalam rilisnya.

Dia menuturkan QS World University Ranking 2011/2012 menilai lebih dari 600 perguruan tinggi terbaik di dunia, dan menempatkan UI sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam Top 300 Universities in the World.

"UI mengungguli sejumlah perguruan tinggi favorit di dunia, seperti University of Notre Dame, United States (urutan ke-223, Mahidol University Thailand (ke-229), dan University of Technology, Sydney Australia (ke-268).

Pemeringkatan QS World University Ranking 2011/2012, katanya, menilai pada lima rumpun ilmu. Yaitu arts and humanities, engineering and technology, life sciences and medicine, natural science dan social sciences & management.

Pada bidang ilmu arts and humanities, ujarnya, UI berada pada peringkat 142, di bidang engineering and technology peringkat 232, bidang life sciences and medicine peringkat 162, bidang natural science peringkat 258, dan bidang social sciences & nanagement pada peringkat 124.

Menurut Vishnu, QS World University Ranking menggunakan enam parameter dalam pemeringkatan. Yaitu academic reputation (40%), employer reputation (10%), student/faculty ratio (20% ), citations per faculty (20%), international faculty (5%) dan international students (5%).

Prestasi nasional pencapaian ini, lanjutnya, tidak hanya milik UI sendiri, tetapi juga merupakan prestasi nasional. "Sebab prestasi tersebut tidak terlepas dari dukungan pemerintah terhadap peningkatan kualitas pendidikan di UI," tambahnya.


Oleh Rahmayulis Saleh