Jumat, 12 Juni 2009

Apple Perkenalkan iPhone Baru

Apple pada Senin mengumumkan bahwa versi baru iPhone larisnya akan diluncurkan pada penghujung bulan ini dan harga model sebelumnya merosot jadi 99 dolar AS.

Seperti dilaporkan AFP, Wakil Presiden Pemasaran Apple Phil Schiller mengumumkan produk baru tersebut pada acara tahunan Konferensi Pengembag Seluruh Dunia di San Francisco, tanpa kehadiran wakil pelaksana perusahaan itu yang sudah terkenal, Steve Jacobs.

Schiller mengatakan iPhone baru tersebut, iPhone 3GS, yang dapat menerima video sejak pertama kali, akan tersedia di pasar pada 19 Juni.

"`S` ialah untuk `speed (kecepatan)`, karena ini adalah iPhone yang sangat kuat yang pernah kami buat," kata Schiller. "yang ada di dalamnya sepenuhnya baru."

Ia mengatakan iPhone 3GS 16-gigabyte tersebut akan berharga 199 dolar AS, sementara model 32-gigabyte akan berharga 299 dolar AS.

Ia mengatakan harga iPhone 3G asli delapan-gigabyte turun jadi 99 dolar AS mulai Senin.

Schiller juga mengatakan generasi selanjutnya sistem operasi iPhone 3.0 akan diluncurkan di seluruh dunia pada 17 Juni sebagai peningkatan gratis kepada pemilik peralatan cerdas itu.

"Ini telah menjadi tahun yang luar biasa buat iPhone," kata Wakil Senior Presiden Piranti Lunak iPhone, Scott Forstall.

Penjualan aplikasi bagi iPhone terkenal tersebut melampaui satu miliar dolar AS pada April, kata Forstall.

Apple juga melaporkan telah menjual lebih dari 40 juta iPhone dan iPod Touch, yang pada dasarnya adalah iPhone tanpa kemampuan telefon genggam.

Peningkatan yang diberikan pada sistem operasi iPhone 3.0 meliputi pengunduran video secara cepat dan penyesuaian dengan bahasa tambahan yang meliputi bahasa Arab, Yahudi dan Korea.

Keistimewaan baru "Find My iPhone" itu memungkinkan orang menggunakan layanan online Mobile Me dari Apple guna melacak peralatan elektronik tersebut yang hilang atau dicuri.

"Itu akan memperlihatkan kepada anda peta tempat iPhone anda berada," kata Forstall sebagaimana dilaporkan AFP. "Anda dapat mengiriminya pesan dan phone tersebut akan memperdengarkan suara pemberitahuan, baik anda meninggalkannya dalam kondisi `diam` atau tidak," katanya.

Keistimewaan itu juga memungkinkan orang menghapus dari jarak jauh semua data dari iPhone yang hilang atau dicuri, kemudian mengisi-ulang informasi dengan menggunakan iTunes.

Sistem operasi baru tersebut juga memungkinkan iPhone terhubung dengan yang lain tanpa menggunakan kabel bagi kegiatan kelompok seperti main game.

Apple pada Senin juga meluncurkan MacBooks, yang kemampuannya sudah ditingkatkan, sementara memangkas harga laptopnya.

Namun Apple mengeluarkan pemberitahuan yang mengecewakan peminatnya ketika mengumumkan bahwa sistem operasi komputer barunya, Snow Leopard, takkan ada di pasaran sampai September.

Orang yang sudah menggunakan piranti lunak generasi terdahulu hanya harus membayar 29 dolar AS guna melakukan peningkatan.

Satu versi "hampir terterakhir" direncanakan diberikan kepada pengembang pada acara itu sehingga mereka dapat mulai menyesuaikan program bagi sistem tersebut.

"Kami telah membangun dengan landasan keberhasilan Lepoard dan menciptakan pengalaman yang bahkan lebih baik bagi pengguna kami mulai dari menyalakan sampai mematikan," kata Bertrand Serlet, Wakil Senio Presiden Rekayasa Piranti Lunak Apple.

"Para insinyur Apple telah membuat ratusan peningkatan sehingga dengan Snow Leopard, sistem anda akan jauh lebih cepat, lebih responsif dan bahkan lebih dapat diandalkan dibandingkan sebelumnya," katanya.

Model baru MacBook menampilkan tempat bagi kartu memori SD yang biasa digunakan di dalam kamera digital dan baterei litium yang lebih ramah lingkungan yang menjanjikan daya tahan selama tujuh jam sebelum perlu diisi-ulang.

MacBook yang ditingkatkan juga dapat disesuaikan dengan prosesor yang lebih kuat dan tempat penyimpanan sebanyak 500 gigabyte.

Model MacBook Pro 15-inci mulai dikirim Senin (8/6), dengan model dasar berharga 1.699 dolar AS, yaitu 300 dolar lebih murah dibandingkan dengan pendulunya.

Model yang lebih kuat berharga 1.999 dolar AS dan 2.299 dolar AS, yang sekali lagi lebih murah dibandingkan versi sebelumnya.

Schiller juga memperlihatkan model MacBopk Pro 13-inci dengan harga mulai dari 1.199 dolar AS dan model yang lebih kuat dengan harga 1.499 dolar AS.


Sumber : Antara