Selasa, 17 Januari 2012

Efisiensi Harus Pada Semua Sektor Ekonomi

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan bahwa efisiensi harus dilakukan pada semua sektor ekonomi agar masyarakat mendapat manfaat lebih besar dari kegiatan ekonomi yang berjalan di negara ini.

"Kita perlu melakukan pengelolaan ekonomi kita lebih efisien, seperti di sektor riil. Jadi bukan cuma di perbankan. Namun ini bagian dari proses dan semua bertahap serta memerlukan waktu. Namun yang penting harus jelas arahnya," kata Darmin usai peresmian penggabungan jaringan ATM BCA dan Bank Mandiri di Jakarta, Senin.

Penggabungan jaringan ATM kedua bank besar ini merupakan upaya BI meningkatkan efisiensi di sistem pembayaran dan di perbankan.

Menurutnya selama ini, BI memang aktif mendorong peningkatan efisiensi di sistem pembayaran dan perbankan yang diharapkan dapat meningkatkan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat serta mendorong tingkat persaingan di dunia perbankan.

Namun, lanjutnya efisiensi di sektor ekonomi juga sangat dibutuhkan seperti persoalan perijinan, pengadaan lahan, kelistrikan, dan infrastruktur seperti pelabuhan.

"Di pelabuhan kan banyak yang harus dibetulkan efisiensinya. Selama ini kita lakukan itu dan menyampaikannya secara terbuka sekaligus mengundang otoritas-otoritas lain supaya melakukan hal yang sama," katanya.

Sebelumnya, Darmin juga menilai industri perbankan belum efisien sehingga suku bunga kredit masih tinggi dan sangat lambat turun meski BI rate telah berada dalam posisi terendah selama ini 6 persen.

Penggabungan jaringan ATM BCA dan Bank Mandiri merupakan salah satu upaya BI agar industri perbankan terus meningkatkan efisiensinya.


ANTARA News