Jumat, 17 Juli 2009

Endeavour Akhirnya Lepas Landas

Pesawat ulang-alik Endeavour lepas-landas dari tempat peluncurannya Kamis (16/7). Peluncuran itu mengakhiri satu bulan penundaan misi yang dimaksudkan untuk menyelesaikan pembuatan laboratorium penelitian Jepang, Kibo.

Pada upaya peluncuran keenam, pesawat ulang-alik ke-127 NASA memulai misi pada pukul 18:30 waktu setempat (Kamis, 05:03 WIB). Roket pendorong ganda berbahan bakar padat itu mengirim pesawat antariksa dengan bobot 2,04 juta kilogram tersebut ke langit berkabut Florida.

"Cuaca akhirnya bekerja sama, jadi sekarang lah waktunya untuk terbang," kata Direktur Peluncuran Pete Nickolenko melalui radio kepada awak Endeavour tak lama sebelum pesawat itu lepas-landas.

Pesawat ulang-alik tersebut, yang membuat pilar asao dan semburan api, membubung ke atas Samudra Atlantik dalam perjalanan ke stasiun antariksa pada ketinggian 354 kilometer di atas Bumi.

Dua upaya peluncuran bulan Juni dibatalkan akibat kebocoran bahan bakar hidrogen. Upaya ketiga Sabtu (11/7) berakhir, ketika NASA memerintahkan pemeriksaan sistem elektrik pesawat ulang-alik tersebut, menyusul serangkaian sambaran petir, dan Ahad (12/7) serta Senin (13/7) lagi-lagi upaya peluncuran dibatalkan akibat cuaca buruk.

NASA berusaha menyelesaikan pembangunan pos terdepan dengan biaya 100 miliar dolar AS, proyek 16 negara, paling lambat 30 September 2010. NASA berniat memensiunkan armada ulang-aliknya itu dan mengembangan pesawat pengganti yang dapat menjelajah ke bulan serta tujuan lain yang lebih jauh dari bumi.

Endeavour membawa satu peron buatan Jepang yang akan dipasang di bagian luar laboratorium Kibo, yang bernilai 2,4 miliar dolar AS.

Percobaan pada peron tersebut dapat dipasang dan diambil dari jarak jauh dengan menggunakan lengan robot, sehingga menghilangkan perlunya bagi jalan di antariksa, yang memakan waktu dan berisiko. Dua bagian pertama Kibo dipasang di stasiun tersebut pada 2008.


Sumber : inilah.com