Jumat, 05 Agustus 2011

Perjalanan Ke Barat

Sejarah Bhiksu Tong Sam Cong (Xuan Zhuang Da Shi) memang ada. Perjalanan mengambil kitab suci ke Barat juga ada, Belajar dan menjadi Guru Besar di Universitas Nalanda, India juga ada catatan sejarahnya.

Saking terkenalnya dianggap sebagai pahlawan penerjemah kitab suci agama Buddha ke Sastra Mandarin. Untuk mengenang jasa dan kehebatan perjalanannya dibuatlah cerita legenda Journey to the west, dengan tambahan 3 tokoh legendaris:
Sun Go Kong yang sesungguhnya adalah simbol dari dosa, kebencian sosok monyet yang tidak bisa diam, penuh kecurigaan, kecemasan, ketidaksenangan bila ada yang lebih hebat dari dia, sosok kesombongan dan tinggi hati. Ditaklukan dengan gelang kepala dengan mantra sakti yang merupakan mantra kasih sayang dan cinta kasih.

Cu Bat Kai (Zhu ba Jie) simbol dari pada Lobha, keserakahan, Hawa nafsu dan kesenangan duniawi. Yang di taklukan dengan menjalani peraturan yang ketat, untuk menaklukan hawa nafsu duniawinya.

Dan terakhir Wu Cing, simbol dari kebodohan, perlahan belajar dan terus belajar untuk menjadi bijaksana dan bisa menemukan apa yang benar dan apa yang tidak benar.

Karena sangat terkenalnya legenda Journey To The West ini, sampai kita lupa hakekat yang sesungguhnya adalah sulitnya Bhiksu Tong dalam menahan semua godaan duniawi, dalam menjalani proses perjalanan panjang ke India melewati berbagai cobaan dan rintangan, sampai berhasil mengatasi dan mendapatkan semuannya dengan baik. Dan menaklukan 3 akar kejahatan dalam dirinya. Yaitu Lobha, Dosa dan Moha yg sesungguhnnya 3 sosok legenda itu ada dalam pikiran dan sifat kita semua.

Menaklukan ribuan musuh, tidaklah penting selain menaklukan diri sendiri.
Maka berjuanglah mengenali Sun Go Kong, Cu Pat Kai dan Wu Cing dalam diri kita sendiri dalam mengarungi jalan kehidupan yang serba tak pasti dan penuh gejolak serta tantangan ini.