Jumat, 29 Mei 2009

Tangkal Radikal Bebas lewat Sayuran

Anggapan bahwa teh hijau satu-satunya tanaman yang sangat efektif menangkal radikal bebas di udara sekitar adalah salah. Ternyata cukup banyak tumbuhan lain kaya senyawa antioksidan dengan harga jauh lebih murah, namun juga mampu menangkal radikal bebas.

Seperti diungkapkan oleh Ir Henny Windarti, MSi, juru bicara Institut Pertanian Bogor (IPB), dalam pemaparan hasil penelitian, di kampus IPB Bogor, belum lama ini.

Menurut dia, empat peneliti IPB berhasil menemukan senyawa antioksidan alami pada sekurangnya 11 macam sayuran yang biasa dikonsumsi dalam bentuk lalapan dalam masyarakat Sunda, Jawa Barat.

"Jadi, kalau kita makan ikan atau ayam bakar disediakan lalapan daun kemangi, poh-pohan atau kenikir harus dimakan. Sebab, tidak saja rasanya yang enak, tetapi juga makan dedaunan itu baik untuk kesehatan karena kaya akan antioksidan alami," ucapnya.

Henny Windarti yang didampingi keempat peneliti, yaitu Dr Nuri Andarwulan, Ratna Batari, Diny Agustini Sandrasari, dan Prof Hanny Wijaya, menyebutkan, kesebelas jenis sayuran itu ialah kenikir (Cosmos caudatus), beluntas (Pluchea indica), mangkokan (Nothopanax scutellarium), kecombrang (Nicolaia speciosa Horan), kemangi (Ocimum sanctum), katuk (Sauropus androgynus), kedondong Cina (Polyscias pinnata), daun antanan (Centella asiatica), poh-pohan (Pilea trinervia), daun ginseng (Talinum paniculatum), dan krokot (Portulaca oleracea).

Nuri Andarwulan, peneliti di Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi Pertanian dan Pangan Asia Tenggara (SEAFAST) IPB, menjelaskan, senyawa antioksidan alami itu berupa senyawa fenolik (tokoferol, flavonoid, asam fenolat), senyawa nitrogen (alkaloid, turunan klorofil, asam amino, dan amina), atau karotenoid seperti asam askorbat.

Dari hasil penelitian yang pernah dipaparkan dalam seminar bertema Natural Antioxidants: Chemistry, Biochemistry and Technology itu diketahui nilai total flavonoid dari sayur lalapan itu sangat bervariasi.

"Seluruh sampel sayuran dan lalapan itu mengandung komponen quercetin yang berguna untuk kekebalan tubuh," katanya.

Hasil penelitian yang dilakukan tim menunjukkan bahwa kesebelas sayuran yang mempunyai flavonoid tertinggi berturut-turut ialah katuk (831,70 miligram per 100 gram), kemikir (420,85 miligram per 100 gram), dan kedondong cina (358,17 miligram per 100 gram).

Sedangkan krokot mempunyai total flavonoid terkecil yaitu 4,05 miligram per 100 gram. Komponen flavonoid pada daun katuk yang paling dominan adalah kaempferol sebesar 805,48 miligram per 100 gram.

Meski daun katuk merupakan sayuran dengan nilai total flavonoid tertinggi dibanding sayuran lainnya, kandungan total fenol tertinggi justru dimiliki kenikir (1.225,88 miligram per 100 gram), diikuti beluntas 1.030,03 miligram per 100 gram, dan mangkokan 669,30 miligram per 100 gram.

"Nilai total fenol kesebelas sayuran itu rata-rata jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai total flavonoid-nya. Hal ini menunjukkan di dalam sayur-sayuran tersebut terkandung senyawa fenol lain yang bukan berasal dari flavonol maupun flavone," ujarnya.

Daun kenikir yang dikonsumsi sebagai sayur dalam urapan, juga biasa dikonsumsi sebagai obat herbal untuk penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat tulang, dan pengusir serangga.

Sifat antioksidan yang dimiliki kenikir memungkinkan pengembangan tanaman ini sebagai agen kemopreventif. Sedangkan kecombrang yang dikenal masyarakat Sumatera Utara sebagai kencong atau kincung atau honje di kalangan masyarakat Sunda itu telah lama dipergunakan sebagai penyedap masakan untuk mendapatkan rasa asam yang sedap dan menyegarkan.

"Ternyata kecombrang memiliki kadar antioksidan yang tak kalah dibanding teh hijau," ujarnya.

Tentang senyawa antioksidan, menurut peneliti Universitas Tufts di Boston, Amerika Serikat, Bradley Bolling, PhD mengatakan, antioksidan mengurangi akumulasi produk radikal bebas, menetralisir racun, mencegah inflamasi, dan melindungi penyakit genetik.


Liana