Sabtu, 30 Mei 2009

Tips Hemat Saat Belanja

Kapanpun Anda mau belanja, belajar untuk mengendalikan diri sendiri dan hanya membeli hal-hal yang Anda butuhkan saja untuk bulan itu. Hindari membeli barang-barang yang banyak hanya karena barang tersebut sedang diskon, sedangkan Anda mungkin tidak membutuhkan barang itu.

Misalnya, Anda membutuhkan sebuah baju dan Anda merasa membeli dua kaos pada saat diskon dapat menghemant pengeluaran, namun hal tersebut tidak akan menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang.

Yang seharusnya Anda lakukan, yaitu Anda harus membeli satu baju yang diperlukan dan menggunakan uang yang tersisa untuk membeli beberapa hal penting lainnya atau bahkan menyimpan uang tersebut untuk bulan berikutnya.

Sebelum Anda membeli suatu barang, yang penting untuk Anda lakukan adalah berkeliling dan mencari barang di toko-toko yang menjual harga yang termurah untuk menghemat menghemat anggaran belanja Anda.

Selain itu, Anda dapat menunggu saat musim liburan dimana banyak barang yang sedang diskon sehingga Anda dapat membeli semua yang anda butuhkan pada harga yang lebih murah.

memang bagus mengikuti tren, tapi jika Anda mempunyai pakaian yang cukup, lebih baik Anda menggunakan uang yang dimiliki untuk melunasi hutang Anda. Jangan meniru apa yang orang lain lakukan seperti membeli pakaian mahal terbaru atau mobil yang bagus sehingga Anda dapat meningkatkan perencanaan yang dimiliki.

Anda harus selalu dapat membedakan antara hal-hal yang Anda perlukan dan yang tidak Anda perlukan untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

Yang penting Anda lakukan adalah memeriksa harga melalui Internet. Kadang-kadang anda Akan terkejut menemukan beberapa hal yang Anda perlukan jauh lebih murah dijual di internet daripada took yang pernah Anda datangi.

Dan satu lagi yang tidak kalah pentingnya untuk menghemat pengeluaran saat belanja adalah meninggalkan kartu kredit Anda di rumah untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.


Sumber : DNA