Selasa, 20 Desember 2011

Emas Semakin Tersungkur Di 2012?

Harga emas diproyeksi masih akan terus mengalami pelemahan. Bahkan, pada kuartal I-2012, harga logam mulia ini akan anjlok hingga berada di bawah USD1.500 per ounce.

Demikian hasil jajak pendapat yang dilakukan Reuters atas 20 fund manager, ekonom, dan pedagang (trader). Sebelumnya emas kehilangan statusnya sebagai komoditi safe haven setelah anjlok ke posisi terendahnya dalam dua setengah bulan terakhir, yakni di USD1.450.

Prediksi negatif tersebut keluar usai harga emas melorot hingga 11 persen pada akhir bulan ini. Tampaknya ruang emas untuk menguat telah tertutup, dan telah memasuki tren pelemahan sekarang ini.

Sebagian besar responden mengatakan harga emas bakal anjlok hingga USD1.450 per ounce pada tiga bulan pertama di 2012. Dengan posisi batas bawah terendah ada di USD1.400.

"Yang mengejutkan di tengah meningkatnya risiko, harga emas malah jatuh dari posisi tertingginya. Kami percaya, di 2012, harga emas akan berada di posisi terburuknya," jelas CEO dari Tiberius, Christoph Eibl. (wdi)


Widi Agustian