Rabu, 11 November 2009

Ekonomi Global Terhindar Dari Depresi

Dunia telah menghindari sebuah depresi yang "sangat mengancam", tetapi risiko masih bisa merobohkan kepercayaan diri ekonomi baru, pertemuan para gubernur bank sentral di Swiss mengatakan Senin.

Kepala Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet, berbicara atas nama gubernur bank sentral lain, mengatakan dunia "menghindari depresi yang sangat mengancam" tetapi memperingatkan bahwa ada kebutuhan untuk "kewaspadaan permanen".

Trichet mengatakan bahwa dunia mampu mengakhiri "terjun bebas ekonomi" yang terjadi antara bulan September 2008 dan Maret 2009 berkat langkah-langkah luar biasa yang diambil oleh pemerintah dunia dan para gubernur bank sentral.

Pasar uang dunia naik setelah runtuhnya investasi AS

Lehman Brothers bank tahun lalu, memaksa pemerintah untuk mengadopsi langkah-langkah drastis seperti memompa likuiditas agar kredit mengalir lagi, menaikkan jaminan deposito bank untuk mencegah pelarian pada bank-bank dan bahkan memerangi nasionalisasi bank.

Trichet mengatakan kebijakan ini telah membawa "stabilisasi" pada tingkat global dan dia menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi adalah "dikonfirmasi pada tingkat yang sedikit lebih baik dari proyeksi sebelumnya."

Pada saat yang sama, ia memperingatkan bahwa itu "tidak ada waktu untuk berpuas diri."

"Kami memiliki sejumlah besar saham yang masih ada," termasuk yang sedang berkembang masalah pengangguran dan ketidakseimbangan fiskal, yang keduanya dapat mengikis keyakinan.

Pengangguran secara tradisional tertinggal pertumbuhan, dan dampak penuh diperkirakan dapat dirasakan hingga tahun 2010, khususnya dalam ekonomi industri.

Tingkat pengangguran di zona euro mencapai 9,7 persen pada September, dan diproyeksikan telah mencapai 10,7 persen pada tahun 2010 dan 10,9 persen pada tahun 2011.

Sementara itu, di Amerika Serikat, tingkat pengangguran melonjak ke double-digit untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade, mencapai 10,2 persen pada bulan Oktober.

Trichet mengamati bahwa meskipun beberapa tindakan yang diambil tidak konvensional sedang dalam fase keluar secara "bertahap dan tepat waktu" dengan gubernur bank sentral tetap "sangat sangat yakin bahwa saat ini keadaan, kami telah banyak risiko yang tetap. "

"Keyakinan tetap dari esensi. ... Bank-bank sentral pasti mempertimbangkan bahwa meningkatkan kepercayaan diri di tempat yang perlu dan konsolidasi kepercayaan adalah jelas dari esensi," kata Trichet.


Antara